Home
Kalender Kegiatan Komunitas
Renungan Prapaskah 2018
Bacaan Harian Bersama John Main
Daily Wisdom
Weekly Teaching
Newsletter
Renungan Bacaan Injil
Bahan Pengajaran
> > Bahasa Indonesia
> > Bahasa Inggris
Cara Bermeditasi
Pokok Pengajaran
Oblat WCCM
Kerabat Meditator


Acara Khusus
Jadwal Pertemuan
Kolom Tanya Jawab
Berita & Foto
Sharing
Kepustakaan
Tentang Kami
Hubungi Kami















Links:
Bahasa Inggris
* WCCM
* Programme | Bonnevaux Centre for Peace
* School of Meditation
* Christian Meditation for Priests












Berita & Foto:

Menemukan Tuhan dalam Meditasi Kristiani Seminar di Pantai Kuta Lombok



Tanggal 27 April 2013, dengan menumpang pesawat ATR 200 buatan Spanyol, membawa saya untuk pertama kali menginjak kaki di Pulau Lombok, tepat pukul 12.45 WITA, pesawat dengan nomor lambung IW 1864 telah mendarat dengan selamat, dan Bandara Lombok yang bersih & masih baru 2 tahun menyambut kedatangan tamu dengan ramah sekali, dikejauhan Nampak Bapak Widodo & Bapak Ary selaku Lurah Komunitas Meditasi Kristiani Mataram hadir menjemput kami.

Pukul 5.30 sore pertemuan dibuka dengan Tema : Bertumbuh dalam Iman melalui Meditasi Kristiani St Yohanes Salib Mataram. Acara diadakan di Balai Paroki lantai 1, Gereja Katolik Santa Maria Imaculata Mataram, dalam kata sambutan Romo Kadek Ariana Pr, yang hadir membuka Seminar Kecil ini, mengatakan bahwa Acara ini upaya Meditasi Kristiani untuk mendapatkan penyegaran iman agar ruang gerak pribadi meditator dalam meraih tujuan dekat pada Sang pencipta dapat diperbaharui, atau dengan kata lain "on going formation" , diharapkan kepada meditator memperoleh semangat baru dalam jatuh bangun dekat pada Tuhan, tidak mudah patah semangat, sebab bagaimanapun juga mengikut Tuhan harus berani menyangkal diri !

Pertama-tama bagi saya sangat menarik sekali bahwa saya merasa diri siap dalam menyampaikan sharing atau pengalaman iman bersama Meditasi Kristiani, yang jelas saya menjadi yakin bahwa Tuhan lah yang menjadi Nachoda acara pada Sabtu sore jam 5.30 sore. Mereka orang sederhana yang telah menjalankan doa Meditasi Kristiani ini sejak dua tahun yang lalu, namun merasa belum ada kemajuan apa-apa ? Barangkali inilah akar yang mengakibatkan mereka mundur, kurang mengerti dan buta pengetahuan dan pengajaran John Main, mereka bagaikan bunga layu sebelum berkembang, mundur teratur sebelum maju kemedan perang.



Dasar & Arti Meditasi Kristiani, sebagai Doa Hati yang dalam hal ini juga " Doa Kontemplatif" barangkali menjadi bahan utama yang perlu disampaikan kepada mereka menjadi ujung tombak penjelasan yang dapat membuka pikiran mereka " Oh .. sebenarnya Meditasi Kristiani ini doa toh ", walaupun pasti dibenak beberapa meditator yang baru pertama kali hadir sempat menyampaikan pertanyaan " Apa Hasil yang diperoleh " ? dan " Bagaimana mencapai keheningan itu " ? Sesi Kedua pada malam itu kami putarkan Film The Pilgrimage, yang sangat padat dengan makna Doa Hening Meditasi Kristiani itu sendiri, bahkan apa hasil nya saya tidak menggurui lagi namun mereka ternyata mampu menangkap arti hasil yang diperoleh serta Cara Mencapai Keheningan, mengingat yang tampil sebagai Sutradara dalam film tersebut Fr Laurence Freeman sendiri, sebagai murid langsung dari Dom John Main OSB.



Hari Minggu 28 April 2013, akhir perayaan Ekaristi yang dipimpin Rm Kadek, meminta saya untuk memperkenalkan Meditasi Kristiani secara singkat dihadapan para umat Allah, walaupun dengan gemetar tanpa persiapan namun sekali lagi Allah selalu ambil peran saat kita lemah dan tak berdaya, Setelah selesai Perayaan Ekaristi ; Acara dilanjutkan kembali dengan sesi ketiga dengan menjelaskan tentang Akar & Tradisi Kristiani ; sangat menarik sekali ternyata didalam hati meditator yg ikut pagi itu masih ada yang menyimpan keraguan " Tadinya saya ragu akan Doa Meditasi Kristiani ini apakah ini Doa Katolik atau tidak ? " celetuk seorang meditator yang akrab selalu bersama saya, nah pada saat saya menjelaskan Para Kudus pun dalam upaya mendekatkan diri dengan Tuhan juga menggunakan satu kata doa, sebagai contoh " Totus Tuus" mantra Beato John Paul II, akhir nya dia menjadi mengerti dan semakin yakin dengan Doa Monologistos ini. Selanjutnya dengan menggunakan kendaraan Avanza sebanyak 6 buah, kita berbondong-bondong menuju Pantai Kuta yang ditempuh sekitar 45" dari kota Mataram dan setibanya di Lokasi ; kami diberi kesempatan menikmati keindahan Pantai Kuta yang masih bersih dan deru ombak yang semakin mengingatkan rindu pada Allah sendiri, Romo Kadek membuka Doa Makan Siang bersama di salah satu Cottage yang berada dibibir pantai, kemudian dilanjutkan dengan " Mendengarkan Sharing Pengalaman Pastor Verbeek dalam sebuah Tulisan Jatuh Bangun Meditasiku " dilanjutkan dengan Sharing Bpk Widodo selaku Lurah Komunitas Meditasi Kristiani Mataram, dan akhir acara ditutup dengan Latihan Meditasi bersama dengan menikmati deru ombak yang selalu menumbuhkan rindu atas kemurahan hati Nya yang luar biasa mendampingi kehidupan kita, Dia yang selalu lebih dahulu ber-inisiatif bagi kita semua. Sebelum Berkat dari Romo Kadek yang selalu mendamping Komunitas ini saya masih diminta menyampaikan pesan pendek untuk menguatkan meditator, bilamana rasa bosan menyelimuti hatimu & lari dari meditasi mu ingatlah selalu si buta Bartimeus yang punya kerinduan besar pada Tuhan, tidak ada yg dapat menolong dia selain Allah, yang kedua ingat saat anda kalian bermeditasi, sebenarnya anda masuk dalam kaitan kumpulan para kudus yang sama-sama berjuang jatuh bangun dalam meraih kedekatan dengan Sang Kasih itu sendiri jadi ingat kita tidak berdoa sendirian, tetapi bersama yang sangat menguatkan, akhir kata maju terus dan jangan menoleh kebelakang, tinggalkan masa lalu, tinggalkan kenangan tidak enak dsb " Letting Go ".

Inilah Pengalaman Iman saya ketika mewartakan Tuhan dinegeri yang masih asing dan tidak banyak orang yang saya kenal namun member kesan bahwa dalam meditasi ku, akupun mendapat peneguhan dari mereka semua. Terima kasih Tuhan. Terima kasih para Meditator Mataram & Terima kasih juga kepada Rm Kadek yang begitu setia mendampingi perjalanan komunitas ini.

Mataram, 28 April 2013

Alfian Kusumadjaja




Berita & Foto Lainnya:







Meditasi Kristiani Online:
Praktek dan Pengajaran Singkat
Six Week
Week 1:


Week 2:


Week 3

Week 4

Week 5

Week 6

Subscribe Youtube: Meditasi Kristiani Indonesia



YOUTUBE: