Home
Renungan Prapaskah 2018
Bacaan Harian Bersama John Main
Daily Wisdom
Weekly Teaching
Newsletter
Renungan Bacaan Injil
Bahan Pengajaran
> > Bahasa Indonesia
> > Bahasa Inggris
Cara Bermeditasi
Pokok Pengajaran
Oblat WCCM
Kerabat Meditator


Acara Khusus
Jadwal Pertemuan
Kolom Tanya Jawab
Berita & Foto
Sharing
Kepustakaan
Tentang Kami
Hubungi Kami















Links:
Bahasa Inggris
* WCCM
* Programme | Bonnevaux Centre for Peace
* School of Meditation
* Christian Meditation for Priests












Renungan Bacaan Injil:

Sabtu Minggu ke-6 Prapaskah (2013)

Yohanes Kasianus, guru ahli kehidupan rohani dari abad ke 5, menganjurkanasehati kita untuk mengucapkan mantra, terus menerus tanpa henti memutarnyadi dalam hati, 'dalam kemakmuransuka maupun sebaliknyduka'.

Ekonomi global mengmengggambarkan suka dukanya dramatis kehidupan yang seringkali secara menonjol terjadi. PecahnyaPeriode ledakan amukan terjadi saatketika amukan harapan dan keserakahan menimbulkan mbawa kehancuran. Kemudian dilanjutkan dengan masasaat-saat penghematan, dan seperti biasanya, bermengakibatkan kesengsaraan pada anggota masyarakat yang paling rentanapuh. Karir pribadi dan keberuntungan pribadi juga dapat melambung tinggi dan kemudian sekilas dihancurkan oleh beritakan di koran hanya untuk sesaatdalam sekejap. Suasana hatiMood dan kesehatan fisik kita juga adamempunyai siklusnya sendiri, saat kemakmuran terjadi suka dan sebaliknyduka.

Sangat disayangkan bila unggujh sulit untuk tidak merebutnangkap saat-saat bahagiasuka dan membodohi diri kita dengan menganggapira bahwa kita telah berhasil selamanya dan semuanya akan selalu baik-baik saja. KhayalanFantasi - pelarian diri - adalah musuh terbesar kesederhanaanmoderasi. Kegagaljatuhan atau keberuntungan dalam hidup dapat juga membuatbanjiri kita terperosok dalam dengan rasa putus asa dan diketerasingkan. Meskipun demikian Namun kita takut dengan kesederhanaanakan moderasi karena tampaknya erlihat biasa-biasa saja dan membosankan; dan kita ingin merasakan kehidupan sebagai sesuatu petualangan yang menggairahkan dan mendemendebarkan. Jika kita tidak memiliki keberanian untuk menghidupinya dengan cara demikian, kita menggantikannya saja melaluilewat film-film dan cerita-cerita.

Sebenarnya jalan tengahnya adalah sisi tepian pisau yang tajam, tindakan jalan diatas kawat menyeimbangkan yang beresiko tinggi. Perlu mengalami banyak sandungan dan jatuh dari ketinggian tinggi agaruntuk belajar cara bermenjalaninya dengan baik. KesederhanaanModerasi adalah jalannya dan perasaanmenurut maknanya yang terdalam, moderasi adalah tujuannya. Pusat kebenaranrealitas mempergunngerahkan kekuatan yang menyahangga kita agar keseimbangan kita saat kita menyeberangi jurang kehidupan. Ketika kita kambuh kembali dan berpikir bahwa semua itu kita pencapaian itu asalnya dariroleh dengan kehendak atau kepandaian kita sendiri, maka tak lama kemudian kita akan segera terjatuh kembalagi.

Pribadi, Kkeseimbangan batin pribadi dan ketajaman pikiran adalah hal-hal yang dia bicarakan Kasianus dalam tapaaskese mantranya. Ditempat itusanalah pusat semestuniversal dihubungkan dengan: didalam pusat diri pribadi kita.

Semua doa yang tidak diikut sertakan dalammenikmati roller coaster keberuntungan adalah doa hati. Dengan sSemakin seimbangnya kepribadian, orang berpitu semakin memusatka dalam n perhatiannya pada dunia tempatnya berada, semakin besarakan ada lebih banyak tingkat keadilannya di dalam semua lembaga. Semakin sempit jurang pemisah antara si kaya dan si miskin, semakin dekat kita semuanya pada kebenaran.

Segera tak lama kemudian kita akan mengkontemplasikan Salib dengan semangatintensitas khusus. Apa yang dikatakan kepada kitasalib tentang keseimbangan, tidak mengkeberakaran dan iba hatikasih? Apa yang dimaksudkan oleh John Main saat dia mengatakan bahwa setiap kali kita bermeditasi kita memasuki kematian dan kebangkitan Yesus?

Oleh Laurence Freeman OSB


Lainnya:







Meditasi Kristiani Online:
Praktek dan Pengajaran Singkat
Six Week
Week 1:


Week 2:


Week 3

Week 4

Week 5

Week 6

Subscribe Youtube: Meditasi Kristiani Indonesia



YOUTUBE: